|

Kunjungi MUI, Pangdam Pererat Silaturahmi Dengan Tokoh Agama


Selasa , 26 Februari 2019

Sejak dipercaya memegang amanah sebagai Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq melaksanakan berbagai kegiatan di wilayahnya yang meliputi dua Provinsi yaitu Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Salah satu tugas yang harus diemban oleh Kodam XVI/Pattimura adalah menyelenggarakan pembinaan kesiapan operasional atas segenap jajaran komando dan pembinaan teritorial di wilayahnya. Pembinaan teritorial merupakan fungsi utama TNI AD yang dijabarkan melalui kegiatan pemberdayaan wilayah. Dalam kaitan tersebut, Kodam XVI/Pattimura akan senantiasa menjalin ikatan silaturahmi dengan semua komponen termasuk dengan para tokoh-tokoh agama dan masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, Pangdam XVI/Pattimura melakukan kunjungan silaturahmi dengan semua tokoh-tokoh di wilayah, termasuk dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku yang berada di JL Sultan Hassanudin, Tantui, Kec Sirimau, Kota Ambon.

Pada kunjungan tersebut, Pangdam didampingi oleh Asintel Kasdam XVI/Ptm Kolonel Inf R. Suranto dan Waaster Kasdam XVI/Ptm Letkol Kav Cecep. Pangdam selain memperkenalkan diri juga mengajak Ulama (Tokoh Agama) dan berbagai komponen lainnya untuk bersama-sama TNI-Polri menjaga stabilitas dan kondusifitas Maluku dan Maluku Utara, khususnya menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden bulan April 2019 yang akan datang.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku , Dr. Abdullah Latuapo, M.PD.I , sangat menyambut baik kedatangan Pangdam XVI/Pattimura dan berterima kasih karena telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Kantor MUI. Ketua MUI juga mengucapkan terima kasih kepada pihak  Kodam XVI/Ptm yang telah melibatkan MUI dalam setiap kegiatan yang diadakan.

“Dalam hal menjaga keamanan di wilayah Maluku ini kami selaku tokoh agama telah berkoordinasi antara satu dengan yang lain dan kami akan selalu memberikan informasi kepada pihak TNI maupun Polri apabila ada hal-hal yang akan mengganggung kemananan khusunya di wilayah Maluku” ujar Ketua MUI Prov Maluku.

Ketua MUI juga menyinggung masalah adanya beberapa kampus di wilayah Maluku yang sudah banyak disusupi kelompok radikal seperti HTI dll. Untuk itu Ketua  MUI Prov Maluku mengharapkan bantuan kepada Pangdam XVI/Ptm dalam hal keamanan dan menangkal paham-paham yang tidak sefaham dengan ajaran yang dianjurkan oleh pemerintah tersebut.

Kegiatan silaturahmi tatap muka tersebut ditutup dengan foto bersama. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon Bpk Mohammad Rahayamtel, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku Ustat Majid Makassar, Sekertaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon Ustat Manan Latuconsina Dan Pembina MUI Provinsi Maluku Hj Rustam Hole. (Pendam16)