|

274 Prajurit Kodam Pattimura Ikuti Tes Garjas UKP


Rabu , 05 Desember 2018

Sebanyak 274 personel jajaran Kodam XVI / Pattimura baik Perwira, Bintara dan Tamtamaevo Tes Garjas dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1-4-2019 yang memungkinkan terpusat menjadi beberapa gelombang selama 4 hari (3 sd 7 Desember 2018) di Lapangan Rindam XVI / Pattimura dan Lapangan Tahapary Polda Maluku (tes kesegaran "A") dan tes kesegaran "B" di Kolam Renang Waiheru (tes ketangkasan hidup).

Tes Garjas UKP merupakan salah satu tes di jajaran Angkatan Darat (AD) yang harus menghasilkan bentuk kesaksian dan jasmani untuk pengusulan Kenaikan Pangkat satu tingkat lebih tinggi.

“Kegiatan kesegaran jasmani (garjas) yang dilaksanakan ini, meerupakan salah satu syarat yang harus digunakan oleh setiap orang dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) satu tingkat lebih tinggi,” terang Walikota Inf Totok Yudiono, S.Pd. selaku kordinator Garjas UKP jajaran Kodam XVI / Pattimura pada Senin (3/12/2018).

“Oleh karena itu, jajaran Kodam XVI / Pattimura harus dapat secara bertahap mencapai nilai yang tepat waktu. Bila tidak sesuai kriteria yang ditetapkan, otomatis usia tersebut tidak dapat disarankan untuk kenaikan pangkatnya, ”kata Walikota Inf Totok Yudiono, S.Pd.

Pada kesempatan yang sama, Kajasdam XVI / Pattimura Kolonel Arm Eko Setyadi menghimbau kepada para orang-orang agar selalu menggunakan kegiatan pembinaan fisik yang dilaksanakan satuannya, hal ini guna untuk mengetahui kemampuan yang dimilikinya. Kegiatan pembinaan fisik di ruang agar dilaksanakan secara terukur dan terarah sesuai program kerja dan protap masing-masing satuan.

Kajasdam memberikan penekanan kepada para anggota yang melakukan Garjas, agar melakukan berbagai kegiatan sebelum, selama dan pasca pelaksanaan kegiatan.

Garjas UKP lanjutan jajaran Kodam XVI / Pattimura disupervisi langsung dari tim dan tim kelas Jasdam XVI / Pattimura dengan dibantu panitia penyelenggara dari Spers Kodam XVI / Pattimura.

Rangkaian kegiatan pada pelaksanaan Tes Garjas UKP dalam tes kesegaran jasmani A lari jarak 3.200 m, tes kesegaran B pull up, sit up, push up dan shuttle run serta tes ketangkasan ruang militer das jarak 50 m pakaian PDL tanpa helm dan senjata. (Pendam16)