|

Lomba Fotografi Meriahkan Pameran Alutsista TNI di Ambon


Minggu , 07 Oktober 2018

Ambon, (07/10) Pelaksanaan pameran alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, dimeriahkan dengan Lomba Fotografi “On The Spot Pameran Alutsista” bagi TNI-Polri dan masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan juga dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-73 pada 05 Oktober 2018 lalu. 

Perlombaan  tersebut digelar berkat kerja sama Staf Penerangan Kodam (Pendam) XVI/Pattimura dengan Jurnalis Foto Kota Ambon. Penggung Jawab Kegiatan Serka Rio Januario mengatakan Objek foto yang di perlombakan meliputi kegiatan pameran alutsista yang mengacu pada tema HUT TNI ke -73 “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”, pada tanggal 05-06 Oktober 2018.

“Lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori umum dan instagram, ujar Farhan salah satu panitia juri perlombaan foto.

Minat generasi muda terhadap fotografi di kota Ambon  kata Farhan cukup besar, untuk itu pihaknya mengajak masyarakat yang memiliki keterbatasan alat seperti DLSCR/Mirrorless bisa juga menggunakan smartphone karena meningkatnya pengguna kalangan masyarakat memanfaatkan kamera smartphone.

Pada Kategori Umum, Peserta dapat menyerahkan langsung dalam bentuk soft copy di stand pameran Pendam XVI/Pattimura sedangkan untuk kategori Instagram, dapat langsung mengupload di instagram dengan hastag#Kodam_Pattimura dan wajib memfollow Instagram Kodam XVI/Pattimura. Juri pada ajang ini, Junalis foto, Acep, Farhan dan juri dari staf Pendam XVI/Pattimura Serka Rio Januario.

Sebanyak kurang lebih 100 foto dari sekitar  50 peserta mengikuti lomba foto “On The Spot Pameran Alutsista” yang diselenggarakan di Stand Pendam XVI/Pattimura dengan total hadiah Rp.10.000.000,-. Dalam perlombaan ini, pada kategori Umum yang menjadi juara I, Prima,  juara II, Julius R Siahaya dan juara III, Fredi Likumahua, dan Juara IV,  Rosida Marasabessy. Untuk Kategori Instagram, keluar sebagai juara I atas nama Ig @Glorious4.12, juara II atas nama Ig @Akipswijaya dan Juara III atas nama @fadlee_zazg.

Menurut Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho, tema yang dipilih merupakan kriteria wajib yang diperlombakan, yaitu kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Profesionalisme TNI untuk Rakyat. Selain itu, menampilkan artistik, komposisi pewarnaan gambar dan makna yang terkandung dalam foto.

“Kami mendorong fotografi itu bukan cuma sekadar hobi, tapi bagian dari menumbuhkan kreatif yang digemari banyak orang,” ujar Kapendam di sela pemberian hadiah kepada pemenang di Stand Pendam XVI/Pattimura.

“Kami percaya lomba ini bisa jadi ajang mengasah bakat dan kreativitas para fotografer juga masyarakat. Yang lebih penting lagi dari kegiatan lomba, yakni untuk mengungkap dan memperkenalkan TNI kepada  masyarakat secara luas”.

Kapendam juga memberikan penekanan terkait penggunaan media sosial secara bijak, karena dewasa ini, banyak sekali beredar berita tidak betul atau Hoax. (Pendam16)