Pembukaan Pelatihan Budi Daya Kelautan - KODAM XVI PATTIMURA
 
 
|

MENELUSURI JEJAK "LAWAMENA HAULALA" (BAGIAN 2)

Kamis , 15 Desember 2016

(Ambon, 15/12) Sesudah menelusuri jejak sejarah penggunaan pataka “Lawamena Haulala” melalui dua kali pertemuan (tanggal 1 dan 10 desember 2016) bersama Bapak Drs. Noer Tawainella di Tulehu, saya bersama Pak M. Hasyim Lalhakim, Kolonel Arh yang juga adalah Kapendam XVI/Pattimura melanjutkan ke Benteng Kapahaha.

Benteng dimana perjuangan Kapitan Telukabessy dan para pejuang lain dari berbagai daerah di nusantara melawan Belanda tahun 1637 sampai 1646.

Ini adalah rangkaian yang saling mengkait. Karena teriakan perang atau cry war Kapitan Telukabessy yang kemudian digunakan Kodam XVI/Pattimura yang saat itu masih ....

Selanjutnya >

MENELUSURI JEJAK "LAWAMENA HAULALA"

Kamis , 15 Desember 2016

(Ambon, 15/12) Mencari rumah Bapak Drs. Noer Tawainella di Tulehu cukup mudah, namun untuk menghindari tanya berulang, kami meminta seorang tukang ojek mengantar dari depan kampus Universitas Darussalam Tulehu.

Lima menit kemudian kami tiba di depan rumah Pak Noer, demikian panggilan akrab orang tua yang 72 tahun lalu lahir (29 Nopember 1944) di Negeri Tulehu, sekitar 30 Km ke arah Utara dari pusat Kota Ambon.

Pak Noer, memiliki cukup referensi tentang berbagai sejarah di Maluku. Beliau di kalangan aktifis tahun 60-an adalah penggerak dan dikalangan intelektual Maluku adalah nara sumber yang hanya bergelar sarjana strata sa ....

Selanjutnya >

MAYJEN DONI MONARDO MENERIMA ISPIKANI AWARD

Rabu , 07 Desember 2016

(Ambon, 8/12). Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo, Senin 5 Desember 2016, menerima penghargaan dari Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Cabang Maluku atas upaya turut memajukan sektor perikanan melalui implementasi program "Emas Biru".

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Ispikani Kusdiantoro, S.Pi,M.Si dan didampingi Ketua Cabang ISPIKANI Maluku DR. Djalaludin Salampessy di Balai Nelayan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui Ambon yang dihadiri seluruh peserta sarjana perikanan yang ada di Maluku.

Pangdam dinilai telah berhasil  mengembangkan sektor perikan ....

Selanjutnya >

PIALA KASAD TON TANGKAS SUDAH BERADA DI AMBO, MALUKU

Selasa , 06 Desember 2016

(Ambon! 6/12). Piala Kasad yang diperebutkan dalam rangka Lomba Peleton Tangkas tingkat Angkatan Darat telah berada dibumi para Raja yang dibawa langsung oleh peleton II, Kompi B, Yonif 733 Raider/Masariku yang memenangkan lomba di Cipatat, Jawa Barat.

Peleton tangkas Kodam XVI/Pattimura yang merih point terbanyak disambut meriah sebagai pahlawan dan diarak keliling kota dengan mengendarai kendaraan tempur Raider keliling kota.

Penyambutan dipimpin langsung oleh Pangdam, Mayjen TNI Doni Monardo, Kapolda, Brigjen Polisi Ilham Salahuddin, Danlantamal dan Danlanud serta para raja raja Jazirah Lehi ....

Selanjutnya >
Showing 17 to 20 of 76  First  < 3 4 5 6 7 >  Last