|

TNI dan Dinas Kehutanan Tanam Pohon Serentak di MTB


Senin , 22 Februari 2016

Saumlaki (20/2). Penanaman pohon serentak yang dicanangkan oleh Kodim 1507/Saumlaki bersama dengan Dinas Kehutanan Kab. Maluku Tenggara Barat (MTB) berlangsung secara simbolik pada Sabtu (20/2) di Markas Yonif 734/SNS Saumlaki. Hadir pada acara pencanangan Wakil Bupati MTB, Sekda, Forkompida, pejabat SKPD, Tokoh Agama, guru dam murid serta masyarakat Saumlaki. 
MTB memiliki wilayah hutan yang cukup luas dan saat ini sedang mengalami tingkat kerusakan baik karena akibat kondisi alam yang tidak bersahabat sehingga terbakar atau karena akibat adanya pembabatan hutan yang tidak terkendali dan adanya illegal logging yang masih saja terjadi, meskipun pemerintah sudah mencanangkan perang terhadap illegal logging dan mengatur hutan mana yang boleh ditebang dan mana yang tidak boleh, namun masih tetap saja para pembalak liar tidak jera.
 Untuk itulah pejabat Forkompimda Kab. MTB mencanangkan program “One Man One Tree” di seluruh wilayah (MTB) dengan harapan seluruh masyarakat memiliki rasa kepedulian yang tinggi dan tekat yang besar dan kemampuan dalam merehabilitasi hutan dan lahan. Dalam rangka pemulihan kerusakan hutan dan lahan di MTB. 
Menurut Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf Pieters Sipaheluth dalam rangka mendukung dan membantu program pemerintah dalam upaya melestarikan hutan tersebut, maka Kodim beserta jajarannya pada hari ini melaksanakan kegiatan dengan mengadakan aksi penanaman pohon dengan menggunakan lahan-lahan yang ada di wilayah MTB sesuai sector Koramil masing-masing dan sesuai dengan pembagian wilayah bintertas Yonif 734/SNS, sebagai bentuk adanya rasa kepedulian yang tinggi, tekad dan semangat yang besar serta adanya kemauan merehabilitasi hutan dan lahan.
    “Saya berharap kegiatan ini dapat mendorong adanya kesadaran, kemauan dan partisipasi yang tinggi serta rasa tanggung jawab yang besar dari para prajurit dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di daerah ini dalam rangka menjaga dan melestarikan hutan dan lahan yang ada, sehingga keberadaan hutan dan lahan tersebut dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat, bukan sebaliknya, menjadi sumber malapetaka yang terjadi di MTB”, tegas Dandim. 
    Forkompimda MTB merasa bangga dan senang melihat tingginya partisipasi masyarakat di daerah ini bersama TNI dengan penuh kesadaran dan antusias mendukung program kegiatan pelestarian hutan dan lahan di wilayah ini. Kebersamaan, kerjasama dan keterpaduan seperti yang ditunjukkan selama ini hendaknya dapat terus ditingkatkan, dalam upaya mensinergikan dan mengakselerasikan program-program pembangunan yang telah dicanangkan oleh pemerintah maupun pemerintah daerah, karena membangun wilayah ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan TNI saja, melainkan menjadi tanggungjawab kita bersama dan seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. ”Bila daerah kita ingin maju dan sejahtera, maka kita semua harus menyingsingkan lengan baju dan bersama-sama berperan serta dalam pembangunan sesuai bidang tugas dan fungsinya masing-masing”, pungkas Dandim.(Penrem 151/Bny)