Satgas TNI Konga Cegah Tindakan Genosida di Afrika, Pangdam: Kembali Membawa Hal Positif dan Perubahan - KODAM XVI PATTIMURA
 
 
|

Satgas TNI Konga Cegah Tindakan Genosida di Afrika, Pangdam: Kembali Membawa Hal Positif dan Perubahan


Sabtu , 02 Juli 2022

Satgas TNI Konga Cegah Tindakan Genosida di Afrika, Pangdam: Kembali Membawa Hal Positif dan Perubahan

Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon menerima Laporan Personel Kodam XVI/ Pattimura yang telah selesai melaksanakan Satgas Yon Gerak Cepat TNI Konga XXXIX- C/ Monusco, Kongo tahun 2020 di ruang kerja Pangdam, Jumat (01/07/2022).

Dibawah pimpinan Mayor Kav Panji Prawira Asa Kusumah  bersama dengan 11 personel yang telah purna satgas, Pangdam berdiskusi dan berbagi pengalaman selama melaksanakan  tugas di Afrika. Pangdam mengucapkan selamat datang kembali ke satuan masing-masing. Selama satu tahun dua bulan, para personel melaksanakan tugas, seperti patroli di masing- masing sektor yang telah ditentukan, membantu pelaksanaan pelucutan senjata, melaksanakan pengintaian baik di darat maupun udara menggunakan helikopter, dan basis operasi depan.

Selama berada di Kongo banyak tantangan yang dihadapi oleh personel satgas ini, antara lain mencegah adanya tindakan genosida yang masih terjadi di Afrika, bentrokan antar warga, mencegah kontak senjata dan hal- hal lain yang dapat menyebabkan melukai masyarakat sipil dan  pecahnya konflik. Tak hanya melaksanakan tugas yang beresiko, personel satgas juga dihadapkan pada tantangan di kehidupan sehari- hari mengingat di Afrika terjadi krisis air bersih maupun kekeringan. 

Disamping melaksanakan tugas militer, personel satgas juga melaksanakan misi kemanusiaan seperti membantu distribusi logistik bagi masyarakat setempat, bekerjasama dengan pemerintah daerah, melaksanakan penyuluhan kesehatan dan sosial lainnya. 

Pangdam berharap dengan kembalinya para personel dengan lengkap dan sehat merupakan nikmat yang patut disyukuri. "Tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan untuk bertugas ke luar negeri, ini suatu pengalaman yang berharga bagi kalian. Saya berharap sekembalinya kalian, ada hal- hal positif yang kalian dapatkan. Ada ilmu- ilmu dan keterampilan yang baru" kata Pangdam. 

Pangdam juga mengharapkan adanya perubahan sehingga mereka dapat dijadikan contoh bagi personel lainnya di satuan masing- masing. "Manfaatkan dan hargai semua jerih payah yang kalian lakukan selama ini, hargai kesempatan yang telah kalian dapatkan. Kesempatan tak datang dua kali, jangan sampai kualitas kalian dari aspek disiplin, loyalitas, dan militansi kalian tidak boleh kalah, harus bisa menggugah semangat rekan-rekan  yang lain" tandas Jenderal Alumni Akmil 1992 itu. 

Kesebelas personel satgas tersebut berasal dari batalyon- batalyon dan Balakdam jajaran Kodam XVI/ Pattimura. Kemudian Pangdam melaksanakan penerimaan personel  tersebut secara simbolis yang turut disaksikan oleh pejabat staf operasi Kasdam XVI/ Pattimura. (Pendam16)