Peran penting P3K Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Berikan Pembekalan Kesehatan di Negeri Waai - KODAM XVI PATTIMURA
 
 
|

Peran penting P3K Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Berikan Pembekalan Kesehatan di Negeri Waai


Kamis , 30 Januari 2020

Maluku.Personil Pos Waai Satgas yonif Raider Khusus 136/TS di sela-sela melaksanakan tugas dan tanggung jawab pengamanan di daerah rawan Maluku, juga meluangkan waktunya untuk memberikan wawasan pengetahuan P3K, kepada Siswa -Siswi Sekolah Menegah Pertama Negri (SMPN) 1 Salahutu yang berada di Negri Waai. Kec. Salahutu Kab. Maluku Tengah, Rabu (29/1/2020).

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan sebuah pengetahuan dasar yang wajib dipelajari sejak dini. Pengetahuan P3K yang harus diketahui sejak dini adalah penanganan luka kecil dan cedera yang mungkin terjadi sehari-hari. Dengan adanya pengetahuan ini, kita akan memiliki bekal untuk menolong diri sendiri maupun orang lain sebelum mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

Inisiatif penyelengaraan kegiatan tersebut berawal dari kejadian kecelakaan tunggal lalu lintas yang di alami oleh salah satu orang pelajar siswa yang terjatuh dari kendaraan roda dua di Wilayah Maluku khususnya di Negri Waai. Kec. Salahutu Kab. Maluku Tengah.

Danpos Waai Serka Ruly S, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut guna memberikan pembekalan tentang pertolongan pertama kepada korban kecelakaan pada tingkat pelajar sebelum mendapat pertolongan lebih lanjut dari petugas kesehatan ataupu medis.

"Pada dasarnya, tujuan dari mengajarkan P3K pada siswa adalah untuk menghindari cedera yang lebih parah akibat pertolongan pertama yang tidak tepat. Setidaknya, pengetahuan mengenai P3K akan membuat siswa lebih sadar apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika terjadi cedera atau kecalakaan. Dengan demikian, siswa tidak akan sembarangan melakukan hal-hal yang justru malah membahayakan korban", tegasnya. 

Di samping itu, mengajarkan pengetahuan P3K pada siswa juga dapat melatihnya menjadi lebih mandiri dan berani. Namun demikian, siswa juga perlu diajarkan untuk segera melapor kepada orangtua, guru, atau orang dewasa lain jika terjadi cedera. Dengan kerja sama yang baik antara siswa, orangtua, guru, ataupun orang dewasa lain, keselamatan siswa akan lebih terjamin. 

Kepala sekolah Bpk Agung Matakupang mengungkapkan, materi P3K yang diberikan oleh anggota Pos Waai Satgas Yonif RK 136/Tuah Sakti merupakan materi yang sangat bermanfaat bagi siswa SMPN 1 Salahutu. Lewat kegiatan tersebut, siswa mendapat tambahan pengetahuan khususnya materi P3K.