|

Ahli Tempur Bercocok Tanam di Daerah Penugasan


Kamis , 14 November 2019

Maluku - Wujudkan program ketahanan pangan di daerah penugasan, Personel Pos Wakasihu SSK I Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS bersama warga Desa Wakasihu, Kec. Leihitu Barat, Kab. Maluku Tengah memanfaatkan lahan kosong sebagai sarana bercocok tanam, pada Rabu (13/11/2019).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus sebagai sarana pengenalan cara mengolah tanaman bagi para ibu yang tergabung dalam pengurus PKK Desa Wakasihu merupakan salah satu tugas pokok Satgas di bidang pembinaan teritorial atau binter.

Serka Heriyanto selaku Danpos Wakasihu mengungkapkan bahwa, sarana bercocok tanam yang digunakan merupakan lahan kosong yang sudah disiapkan atas seizin warga dan Bapak Raja Desa Wakasihu, sehingga atas seizin tersebut kami memanfaatkannya untuk menanam bibit jahe.

“Sedangkan bibit tanaman jahe sebanyak 250 kilogram yang sudah disiapkan merupakan bantuan langsung dari pemerintah Kab. Maluku Tengah yang diperuntukan bagi warga Desa Wakasihu”, kata Hariyanto.

Dalam kesempatan itu, Heriyanto juga menjelaskan dalam pelaksanaannya kami bersama petugas Dinas Pertanian atas nama Bapak Alfredi Tudingan terlebih dahulu memberikan penjelasan kepada warga mengenai tata cara melakukan penanaman bibit jahe yang baik dan benar, dimulai dari cara pengolahan tanah, penanaman hingga pemupukannya. Sehingga hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga khususnya ibu-ibu untuk mengisi waktu luang mereka dengan bercocok tanam.

“Dengan demikian kami berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga dan merawat bibit tanaman yang sudah ditanam pada hari ini, sehingga nantinya akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh warga guna memenuhi kebutuhan sehari-hari”, tambanya.

“Selain melaksanakan tugas pokok, kegiatan ketahanan pangan merupakan sarana bagi personel satgas untuk menjalin tali silahturahmi dengan warga binaan yang selama ini sudah terlaksana dengan baik”, tutur Heriyanto.