|

Peringati HUT Kesehatan Nasional, Satgas Yonif RK 136/TS Bersama Puskesmas Tehoru Mengajak Warga Membersihkan Lingkungan


Selasa , 12 November 2019

Maluku - Dalam rangka memperingati HUT Kesehatan Nasional yang Ke-55, Personel Pos Tehoru SSK II Satgas Yonif RK 136/TS bersama Puskesmas Perawatan Tehoru mengajak warga membersihkan lingkungan di sekitar Desa Tehoru, Kec. Tehoru, Kab. Maluku Tengah, Selasa (12/11/2019.

Kegiatan yang bertema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” tersebut bukan hanya diikuti oleh pegawai Puskesmas Tehoru dan personel satgas, melainkan juga diikuti oleh Bapak Abdulatif Key selaku Camat Tehoru, Bapak Raja Tehoru Hut Silawane, Kapolsek Tehoru beserta jajaran dan Personel TNI dari Koramil 1502-03 Tehoru.  

Kepala Puskesmas Perawatan Tehoru Bapak Z. Makayaino, S.Kep mengatakan “HUT Kesehatan Nasional yang Ke-55 Tahun ini mengangkat tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”, maka melalui tema tersebut kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan sejak usia dini”.

“Selain itu kami juga menggelar pengobatan dan khitanan gratis, diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut kami dapat bertatap muka dengan masyarakat dan menghimbau agar mereka segera memeriksakan diri ke Puskesmas apabila terdapat keluhan sakit”, katanya.

“Saya beserta Staf dan Pegawai Puskesmas mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada seluruh Instansi baik pemerintah, TNI dan Polri yang sudah mendukung serta mensukseskan HUT Kesehatan Nasional yang Ke-55 hingga berjalan dengan aman dan tertib”, tambahnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat dapat memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta lebih peduli lagi untuk menjaga kesehatan bagi diri dan keluarganya”, Imbuh Z. Makayaino.

Pada kesempatan yang sama Letda Inf P. Manalu selaku Danpos Tehoru mengungkapkan, bahwa kegiatan diawali dengan pembersihan lingkungan, dalam hal ini yang paling diutamakan yaitu pembersihan parit di sepanjang Desa Tehoru.

Menurutnya, pembersihan parit dilakukan untuk mencegah terjadinya genangan atau endapan air akibat sampah yang menumpuk, karena bila terjadi genangan atau endapan hal tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya bibit nyamuk dan lalat yang merupakan awal dari lahirnya berbagai macam penyakit”.

“Kami selaku Satgas Yonif RK 136/TS mengucapkan terimakasih kepada Kepala Puskesmas Tehoru yang sudah mempercayakan personel kesehatan dari Pos Tehoru untuk berpartisipasi dalam memberikan pengobatan dan khitanan gratis, saya berharap kerjasama yang baik antara personel satgas dengan pegawai puskesmas dapat memajukan kesehatan di Kecamatan Tehoru”, harap Danton pos.