Presiden Peduli Pengungsi Korban Gempa di Ambon-Maluku - KODAM XVI PATTIMURA
 
 
|

Presiden Peduli Pengungsi Korban Gempa di Ambon-Maluku


Selasa , 29 Oktober 2019

Ambon – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja serta peninjauan terhadap Pengungsi dan Lokasi Bencana Alam Gempa Bumi di UNIDAR Negeri Tulehu Kec. Salahutu Kab. Maluku tengah Provinsi Maluku. Presiden tiba di kota Ambon tadi malam dan dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah aktivitas hari ini, Selasa (29/10/2019).

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Fadjroel Rahman.

Selain mengunjungi lokasi kampus Universitas Darusalam di Desa Tulehu Kabupaten Maluku Tengah yang menjadi lokasi tempat pengungsian, Presiden juga mengunjungi Rumah sakit lapangan dan Stand BNPB dan melalukan pertemuan terbatas dengan Para  Latupati dan Raja serta Tokoh masyarakat yang terdampak Gempa.

Presiden mengatakan bahwa, saat ini Negara Indonesia sedang dilanda bencana dimana mana, seperti Palu, Irian dan Maluku untuk itu Pemerintah akan memberikan Bantuan bagi masyarakat yang terkena Musibah.

“Bantuan yang diberikan kepada masyarakat adalah mereka yang mempunyai tempat tinggal yang mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan sebesar 10 Juta Rupiah, rusak sedang 25 Juta dan yang mengalami rusak berat sebesar 50 Juta rupiah. Tetapi masyakat harus bisa bersabar dalam menunggu bantuan tersebut”, kata Presiden.

“Saya telah menerima laporan dari Gubernur Maluku dan kepala BNPB bahwa akibat Gempa Bumi yang terjadi mengakibatkan 12 ribu lebih rumah yang mengalami kerusakan mulai dari  rusak ringan, sedang hingga rusak berat”,  sambung Presiden.

Lebih lanjut Presiden menyampaikan bahwa proses pencairan untuk anggaran dana penanggulan bencana sudah ada, namun harus melalui prosedur untuk mencairkan anggaran tersebut. Dan semua dana tersebut akan didistribusikan dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi. 

Kunjungan ke Provinsi Maluku, Kota Ambon ini merupakan kunjungan kerja kedua setelah sebelummnya Presiden melakukan kunjungan pertama ke Papua, usai pelantikan  Presiden pada 20 Oktober 2019 lalu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BNPB Pusat Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail, Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M., Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI ING Ariawan, Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, S.Sos.,M.M., Kabinda Maluku Brigjen TNI Ronny, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Bupati Maluku tengah Abu Tuasikal serta para Toga, Toda dan tomas yang berjulah kurang lebih 150 orang. (Pendam16)