|

Memperingati HUT ke-74 TNI, Satgas 734/SNS Adakan Khitanan Massal di Pedalaman Halmahera Timur


Minggu , 06 Oktober 2019

Maba-Dalam Rangka memperingati HUT ke 74 TNI, tim kesehatan satgas 734/SNS yang terdiri atas danton kes, Letda Ckm Fendy Aprilian P., dokter batalyon letda ckm dr. Rizky zulkarnain ratoputra dan tamtama kesehatan Pratu Suardi. Bergerak dari halmahera utara hingga halmahera timur dengan melewati terjal nya pegunungan serta kondisi jalan yang jelek, bebatuan serta melewati tanjakan dan turunan yang curam, serta jurang yang berada pada sisi dan kanan dari jalan tidak mematahkan semangat satgas untuk mengedakan khitanan massal di Pos waci yang berada di desa Waci, Kecematan Maba Selatan kabupaten Halmahera Timur, Sabtu (5/10/2019).

Menurut Danpos, Sertu Samsudin. Kegiatan ini merupakan bakti sosial, kami berkoordinasi dengan pihak dinas kesehatan Halmahera Timur, Puskesmas Bicoli. Sunatan Massal ini melibatkan 5 orang operator sunat yang terdiri atas Danton kes, dokter batalyon, Tamtama kesehatan serta di bantu oleh tim kesehatan dari puskesmas sangoli yaitu dr. Eko dan dr. Ami. Para peserta sunatan massal tampak memadati di panggung yang sudah kami sediakan serta mendaftar ulang dengan cepat dengan harapan agar mendapat giliran lebih awal. kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 dihadiri oleh Bapak Camat Maba Selatan Bapak Muhtar Hi Muhammad., Bapak Kepala Desa Waci bapak Jainudin Mondol, kepala Desa Momole Bapak Nasrudin, Tokoh Agama bapak Haji Imam, Tokoh Masyarakat Bapak Haji Badrun appono., Babinsa Maba Selatan Serka Abdul Hasri, Tokoh Pemuda, Dan seluruh Anggota satgas Pos 6 Waci SSK 2. kegiatan ini di awali sambutan oleh Danton kes 734, Letda Ckm Fendy Aprilian, S.T.T.Rad., Dilanjutkan oleh sambutan oleh bapak kepala desa Waci, serta tak lupa di awali dengan pembacaan doa yang di pimpin oleh Bapak Haji Iman.

Dalam rangka memperingati HUT ke - 74 TNI, pendaftaran dilaksanakan di H-1 sebelum HUT TNI, dan ternyata pada saat hari H masyarakat sangat antusias meramaikan sunatan masal ini. Menurut rekap data yang sudah kami himpun, peserta sunatan dari pagi hingga petang berjumlah 174 orang. Kami tidak menyangka bisa sebanyak ini untuk khitanan massal. 

Menurut Dansatgas Yonif 734 / SNS, Letkol Inf Edwin Charles. Kegiatan Khitanan massal dalam rangka memperingati HUT Ke - 74 TNI yang kami adakan di pedalaman Halmahera Timur tepatnya di pos 6 Waci sungguh sangat meriah dan ramai. Anak anak yang datang mulai usia 4 tahun hingga usia SMA pun ikut menjadi peserta khitan massal ini.

ini merupakan bentuk bakti sosial yg kami selenggarakan secara gratis tanpa di pungut biaya bagi peserta khitan massal di wilayah desa waci kecamatan Maba Selatan kabupaten Halmahera Timur. Peserta dilayani oleh tim kesehatan kotis satgas 734 / SNS dengan menggunakan couter / Laser. Dengan metode khitan yang menggunakan couter atau laser ini dapat memberikan kenyamanan untuk anak anak dan memiliki proses penyembuhan yang cepat di bandingkan dengan metode konvensional yaitu dengan menggunakan gunting.

Menurut Dokter satgas 734 / SNS, Letda Ckm dr. Rizky. Proses circumsisi pada dasarnya hanya membuang kulup yg menutupi glans penis (kepala penis) hal ini bermanfaat sekali bagi kesehatan reproduksi pria yaitu dgn mencegah adanya ISK (Infeksi Saluran Kemih) dan mencegah transmisi HIV / AIDS dari Wanita ke pria.