|

Kasdam Pattimura Hadiri Upacara Peringatan HUT Kota Ambon Ke 444


Sabtu , 07 September 2019

Ambon (07/09) Bertempat di Lapangan Merdeka, Jln Slamet Riyadi, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon telah dilaksanakan Upacara dalam rangka memperingati HUT Kota Ambon yang ke 444 Tahun 2019 yang dihadiri oleh seluruh Forkopimda Maluku, stakeholder wilayah Maluku termasuk Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq yang diwakili oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan.

Hari jadi kota Ambon telah diputuskan jatuh pada tanggal 7 September 1575 dalam suatu seminar di Ambon yang berlangsung pada 14-17 November 1972. Pada hari jadi yang ke 444 ini, Kota Ambon boleh saja tua, tapi Wajah Kota harus tetap muda.

Bertindak selaku Upulatu Upacara adalah Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan selaku Kapitan Upacara Kapolsek Saparua AKP Roni Ferdi Manawan. Persembahan lagu Abider dari Amboina voice mengawali kegiatan upacara. Dilanjutkan dengan penyerahan Bandera Kabasaran Kota Ambon kepada Upulatu Upacara dan menyanyikan lagu mars Kota Ambon. Upulatu Upacara juga berkesempatan memberikan sambutan.

Dalam sambutannya Upulatu Upacara menyampaikan, rasa syukur kepada Tuhan karena di umur yang ke  444 Tahun ini, Kota Ambon penuh dengan musik, penuh dengan cinta dan kasih sayang.

“Pada peringatan HUT kota Ambon ke 444 ini menjadi momentum berharga untuk mendorong kita semua dapat berbuat baik kedepan dan terus berkinerja, berinovasi bekerja nyata secara cerdas untuk terus membangun demi mewujudkan Ambon yang harmonis sejahtera dan religius, terus membenahi Ambon untuk sesama dan untuk semua, karena Ambon adalah rumah bersama”, ujar Upulatu.

Dikatakan Upalatu, dalam pembangunan kota Ambon jangka menengah sampai tahun 2022 dengan visi Ambon yang “Harmonis, Sejahtera dan Religius”, terbagi dalam empat misi pemerintah kota Ambon, satu memperkuat dan mempererat harmonisasi sosial, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, memberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat dan meningkatkan nilai-nilai spiritualitas masyarakat.

Beberapa poin penting yang menjadi prioritas pemerintah kota Ambon kedepan, diantaranya pembangunan infratruktur dasar seperti air bersih, sanitasi,serta perbaikan dan pengentasan perumahan kumuh. Selain itu juga beberapa program berkelanjutan seperti pelayanan publik, program kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia dan program pengembangan ekonomi kreatif.
Dikatkan walikota salah satu pola yang saat ini digunakan untuk membangun masyarakat yang harmonis di kota Ambon adalah dengan musik.

Hal ini terbukti bahwa musik dapat merajut keharmonisan, karena musik adalah bahasa universal yang mampu menembus sekat-sekat pemisah serta meruntukan tembok-tembok pembatas, oleh karena itu selaku musik adalah identias orang Ambon.

Ada yang sedikit berbeda dari peringatan HUT Kota Ambon Ke 444. Mulai dari Penyérahan Bantuan pohon dari Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada Raja Negeri SOya, Negeri Hukurila, Negeri Rumah Tiga, Negeri Latuhalat dan Kepala Desa Waiheru. 

Penyetahan bantuan CSR dari Direktur BNI Cabang Ambon kepada TK Adhyaksa den 80 Negeri Rutong. Penyerahan tumbler dari Bunda Paud Provinsi Maluku dan Bunda Paud Kota Ambon kepada Perwakilan Siswa SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan Guru. Penyerahan piagam dan pemasangan cincin kepada perwakilan Purna Bakti ASN Pemerintah Kota Ambon Tahun 2019. Acara ditutup dengan Doa Lintas Agama dan hiburan-hiburan. (Pendam16)