|

Kodam XVI/Pattimura Gelar Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI


Sabtu , 17 Agustus 2019

Ambon - Dalam rangka memperingati Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 Tahun 2019, Kodam XVI/Pattimura menggelar upacara HUT RI, yang diikuti oleh prajurit dan PNS jajaran Kodam XVI/Patimura, bertempat di lapangan Upacara Makodam, Sabtu (17/08/2019). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Inf Christian Pieter Sipahelut.

Upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung tertib dan khidmat, ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dengan iringan lagi kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Proklamasi oleh Inspektur Upacara, yang diawali dengan "Tanda Kebesaran Buka" dan diakhiri dengan "Tanda Kebesaran Tutup", Pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Doa.

Amanat Pangdam XVI/Patimura Mayjen TNI Marga Taufiq yang dibacakan Dandenma mengatakan, upacara yang kita laksanakan setiap tahun ini sepatutnya menjadi momen-momen istimewa yang membawa kita kembali untuk flash back pada sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia puluhan tahun silam.

Pangdam mengungkapkan perjuangan bangsa Indonesi dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah tidaklah mudah dan ringan. “Para pahlawan kita dan para pendiri bangsa dengan rela serta ikhlas mengorbankan jiwa dan raga maupun harta benda yang mereka miliki untuk berjuang sampai titik darah penghabisan guna mencapai satu tujuan, yaitu Indonesia Merdeka”, kata Pangdam.

Lebih lanjut dikatakan, dari sejarah tersebut sudah sepatutnya menjadi tugas dan kewajiban kita bersama untuk terus menjaga Negara dan bangsa ini dari berbagai ancaman yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Jangan pernah berhenti untuk mengisi kemerdekaan ini dengan ikut serta secara nyata membangun masyarakat Indonesia khususnya Maluku dan Maluku Utara yang adil, makmur dan sejahtera”, seru Pangdam.

Pangdam juga mengharapkan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini hendaknya menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk melaksanakan evaluasi dan introspeksi diri atas karya apa yang telah kita dedikasikan dalam mengisi kemerdekaan yang telah kita nikmati selama tujuh puluh empat tahun ini.

Sesuai dengan tema peringatan Ulang Tahun RI kali ini, “Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju”, Pangdam mengajak seluruh prajurit Kodam XVI/Pattimura untuk harus bisa membangun Sumber Daya Manusia, karena hal ini merupakan hal yang penting guna membentuk Prajurit Kodam XVI/Pattimura yang unggul, berjiwa ksatria, militant dan memiliki loyalitas yang kuat dengan tetap mengedepankan jati diri Prajurit TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara professional. (Pendam16)