|

Pangdam XVI/Pattimura Menutup Pelaksanaan TMMD ke 105 TA.2019


Kamis , 08 Agustus 2019

Ambon, (08/08) – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 TA 2019 Kodam XVI/Pattimura yang berlangsung di wilayah Maluku Tenggara dan Halmahera Selatan telah ditutup secara resmi oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq di Lapangan Bola Desa Oholder Tawun,  Kec. Kei Kecil, Kab Maluku Tenggara. 

Kegiatan TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari tersebut (10 juli - 08 Agustus 2019) meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Dalam laporannya, Komandan Kodim (Dandim) 1503/Tual Letkol Arh Yoyo Karyo, S.IP,.M.Tr (Han) selaku Komandan Satgas TMMD ke-105 Kodim 1503/Tual menyampaikan, kegiatan fisik yang telah dilaksanakan yakni pembuatan  jalan setapak sepanjang 375 M, pembuatan RLTH sebanyak 12 Unit, pembuatan MCK dan pembuatan lorong. Sedangkan untuk Non fisik antara lain penyuluhan Bela Negara, Kantibmas, Kehutanan, Pertanian, Pendidikan, Sosial.

Dalam amanatnya Pangdam XVI/Pattimura mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Oleh karena itu para prajurit TNI hadir di tengah-tengah masyarakat, membangun  semangat gotong royong bersama-sama dengan Masyarakat dan bersinergi secara positif untuk mencapai keunggulan SDM dan meningkatkan kesejahteraan rakyat”, Hal ini “Sejalan dengan Tema TMMD yaitu “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Dalam amanatnya Pangdam XVI/Pattimura juga menyampaikan Terimakasih dan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati MalukuTenggara dan instansi terkait serta kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama personel satgas TMMD menyelesaikan pembangunan sasaran fisik  dan non fisik TMMD ke-105 TA. 2019 di wilayah Kodam XVI/Pattimura”.

Penutupan TMMD tersebut ditandai dengan penyerahan alat kerja serta pelepasan tanda peserta oleh Pangdam, yang dirangkai dengan penandatangan dan penyerahan hasil kegiatan TMMD ke- 105 Kodim 1503/Tual.

Di akhir kegiatannya, Pangdam XVI/Pattimura memberikan secara simbolis kunci rumah kepada masyarakat Ohoider Atas dan Ohoider Bawah Kab. Maluku Tenggara.  Sedangkan Bupati Maluku Tenggara menyerahkan bantuan berupa sembako dan sarana lingkungan kepada masyarakat Ohoider Atas dan Ohoider Bawah.

Upacara penutupan ini dihadiri, Bupati Kab. Maluku Tenggara Drs. H.M.Taher Hanubun, M.Si
, Walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag M.Si, Danbrigif 27/Nusa Ina Kolonel Inf Mustakim, Kasrem 151/Binaiya Letkol Inf Dedy W. Sitanggang, S.IP, Danlanud Dumatubun Langgur Letkol PNB Sonny Irawan SE M.M, Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadillah Siregar, SIK.(Pendam16)