|

Ziarah Umat Katolik Kodam XVI/Pattimura Penuh Makna


Jumat , 24 Mei 2019

Pelaksanaan ziarah umat Katolik Kodam XVI/Pattimura, Jumat (24/05/2019) pagi tadi lain dari biasanya. Agenda tahunan tersebut adalah prosesi rohani penuh makna, sebagaimana dirasakan umat yang melakukan ziarah.

Kegiatan Ziarah dimulai dari Aula Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Kota Ambon. Kadisbintalad dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasubdisbinrohkat Bintalad Kol.Caj.Sukirno S.Ag.mengatakan, Ziarah Rohani merupakan salah satu Pembinaan Mental Rohani bagi Prajurit dan PNS TNI-AD yang beragama Katolik melalui rangkaian kegiatan Ibadah Jalan Salib, Rosario dan di akhiri Misa Kudus.

Adapun tema yang di angkat dalam Ziarah Rohani kali ini yaitu, “Dengan semangat Toleransi yang berlandaskan cinta kasih Yesus Kristus, Kita Tingkatkan idilologi Pancasila guna menangkal Pengaruh Radikalisme”.

Setelah itu seluruh peserta Ziarah mengunjungi Monumen Fransiskus Saverius, Desa Hatiwe Besar, Kec.Teluk Ambon Kota Ambon. Di tempat tersebut, peserta Ziarah diajak untuk kembali untuk menapak tilas Sejarah St.Fransiskus Xaverius dalam menyebarkan ajaran agama katolik di Maluku khususnya di Pulau Ambon. Pada kesempatan yang sama, Pastor RD Antonius Arlejak PR membacakan Sejarah singkat St.Fransiskus Xaverius.

Kegiatan Ziarah dilanjutkan dengan mengunjungi Goa Maria yang berada di Desa Air Low, Kec Nusaniwe, Kota Ambon. Disana diadakan Kegiatan Jalan Salib, Ibadah Rosario hingga Ibadah Misa Kudus yang merupakan kesempatan umat Katolik untuk melakukan devosi rosario dan penghormatan kepada Bunda Sang Penebus.  (Pendam16)