|

Kodam XVI/Pattimura Gelar Brifing Awal Latihan Satuan Tugas PAM VVIP


Selasa , 19 Maret 2019

Ambon – Kapok Sahli Pangdam XVI/Pattimura, Kolonel Arh Mokoginta Sihotang mewakili Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq membuka Brifing Awal Latihan Satuan Tugas PAM VVIP Kodam XVI/Pattimura, untuk melaksanakan Operasi PAM VVIP di Wilayah Kodam XVI/Pattimura dalam rangka mendukung tupok TNI yang berlangsung mulai dari tanggal 19 s.d 22 Maret 2019, bertempat di Aula Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya, pada Selasa (19/03).

Pangdam dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kolonel Arh Mokoginta Sihotang mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan beserta keluarganya  adalah VVIP yang merupakan simbol negara yang harus mendapat perlakuan pengamanan secara khusus. 

Untuk itu Kodam XVI/Pattimura sebagai Kotama Ops TNI memiliki tanggung jawab yang meliputi wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara, sangat memungkinkan berlangsungnya kegiatan dan aktifitas dari Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan beserta keluarganya, sehingga dituntut setiap saat harus mampu melaksanakan kegiatan pengamanan terhadap berbagai kegiatan VVIP dengan intensitas yang tinggi secara tertib, aman dan lancar.

Lebih lanjut dikatakan, menyikapi hal tersebut, maka perlu dilaksanakan  latihan pengamanan VVIP  untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam melaksanakan tugas  pengamanan VVIP secara berhasil dan berdaya guna.

“Latihan Pengamanan VVIP ini sangat penting sehingga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta latihan agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit”, kata Pangdam.

Pangdam juga menekankan beberapa perhatian untuk dipedomani kepada para peserta, diantaranya; laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, penuh semangat dan bertanggung jawab agar terwujud kesiapsiagaan Satuan Jajaran Kodam XVI/Pattimura setiap saat terutama dalam melaksanakan operasi pengamanan VVIP, ikuti dan laksanakan aturan serta protap-protap yang berlaku dalam latihan ini sesuai ketentuan, sehingga para peserta dapat meningkatkan pengetahuan tentang tehnik, operasi dan mekanisme pengamanan VVIP sesuai prosedur dan perhatikan faktor keamanan. dan keselamatan serta pedomani prosedur latihan.

“Selanjutnya kepada penyelenggara dan pelatih, saya percayakan para peserta latihan untuk dilatih dengan baik sehingga diperoleh kesiapan Prajurit dalam melaksanakan operasi pengamanan VVIP dengan optimal dan laksanakan koordinasi dengan instansi atau pejabat terkait guna kelancaran pelaksanaan latihan ini”, pesan Pangdam.

Kegiatan ini bertujuan selain menambah pengetahuan kepada semua peserta tentang teknik ops PAM VVIP tetapi juga memantapkan dan memastikan setiap unsur pimpinan maupun anggota yang terlibat dalam pengamanan VVIP benar-benar paham dan mampu melaksanakan tugasnya masing-masing sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). (Pendam16)