|

Pangdam Pattimura Buka Rapim TNI-Polri di Maluku


Rabu , 27 Februari 2019

Ambon, (27/02) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia yang ada di wilayah Maluku dan Maluku Utara menggelar rapat pimpinan (Rapim) bersama dengan mengusung tema,”Dilandasi Profesionalitas, Soliditas dan Netralitas, TNI-POLRI Bersinergi Mengamankan Pemilu 2019 dan Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI” bertempat di Baileo Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya. Rapim dibuka oleh langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq.

Tujuan diadakannya rapim yang dilaksanakan setiap tahun tersebut adalah sebagai forum diskusi dalam memulai program kerja pada tahun 2019, dimana rapim sendiri merupakan implementasi pokok-pokok kebijakan pimpinan dalam rangka melaksanakan tugas kedepan. Peserta Rapim tersebut melibatkan 200 orang mulai dari unsur terendah Komandan Batalyon.

“Rapat pimpinan TNI-Polri wilayah Maluku ini diselenggarakan untuk menyamakan visi, persepsi dan cara bertindak dalam mewujudkan sinergitas yang positif guna mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 serta menjamin stabilitas keamanan di wilayah Maluku dan Maluku Utara”, kata Pangdam.

“Rapim ini juga merupakan ajang mempererat terwujudnya soliditas dan sinergitas diantara kita TNI-Polri dalam menyambut pesta demokrasi pada 17 April mendatang, dimana satuan Polisi diback up TNI yang mana harus menjamin terselengaranya pesta demokrasi ini sampai selesai dengan aman dan lancar” tandas Pangdam.

Lebih lanjut dikatakan, “Saya bersama dengan Kapolda Maluku, Danlantamal IX/Ambon serta Danlanud Pattimura menyambut gembira atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Forum ini merupakan wujud nyata tingginya kepedulian kita bersama terhadap berbagai persoalan bangsa yang dirasakan dapat mengancam integritas nasional dan bangsa kita dewasa ini serta tindak lanjut dari hasil Rapim TNI-Polri dan Rapim TNI yang diadakan beberapa waktu yang lalu di Jakarta”.

 “Apalagi saat ini kita sedang menghadapi perhelatan pesta demokrasi pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden secara serentak, sehingga dibutuhkan sinergitas TNI-Polri guna menjaga stabilitas nasional dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI”, tandas Jenderal berbintang dua. 

Dalam kegiatan Rapim ini, diisi dengan berbagai pembekalan. Mulai dari Pangdam XVI/Pattimura, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Ketua KPU Maluku Bapak Syamsul Rifan Kubangun, Ketua Bawaslu Maluku Bapak Abdullah Elly dan Kakesbangpol Maluku Bapak Dachjar.M.A Sialana. 

“Hari ini ada pembekalan Bawaaslu dan KPU sehingga betul-betul sebagai satuan Pengamanan mempunyai tindak yang sama dengan penyelenggara untuk menjamin terselenggaranya kegiatan pesta demokrasi tersebut dengan aman dan lancar” tegas Pangdam. (Pendam16)