|

Peringati HJK Ke 73, Kodam Pattimura Gelar


Jumat , 14 Desember 2018

Ambon, (14/12) Hari Juang Kartika (HJK) terlahir dari peristiwa heroik para pendahulu TNI AD dan Rakyat Indonesia yang bertempur mempertahankan wilayah Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945. Peristiwa tersebutlah yang mendasari ditetapkannya tanggal tersebut sebagai HUT TNI AD.
Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-73 Tahun 2018, Kodam XVI/Pattimura menggelar Ziarah Rombongan, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha, Tantui, Ambon. Ziarah rombongan dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto.
Kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan tersebut memiliki tujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya memberikan penghargaan dan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah mendahului kita.
Ziarah Rombongan yang diawali dengan upacara. Upacara dilaksanakan tepat pada pukul 17.00 Wit tersebut, diikuti oleh segenap personil Kodam XVI/Pattimura yang terdiri dari para Perwira, Bintara, Tamtama, Korp Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta Anggota Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/Pattimura yang tersusun dalam pasukan upacara.
Tampak hadir, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Hartono, para Asisten dan para Dan/Kabalakdam XVI/Pattimura dan Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny Ngesti Suko Pranoto beserta para Pengurus Persit KCK PD XVI/Pattimura.
Upacara ziarah rombongan yang berlangsung dengan tertib dan khidmat, diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan oleh segenap peserta upacara yang dipimpin langsung oleh Kasdam XVI/Pattimura selaku Pimpinan Acara.
Selanjutnya, untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan dilaksanakan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga pada Tugu Makam Pahlawan.
Upacara ziarah rombongan diakhiri dengan penaburan bunga tabur di pusara para pahlawan kusuma bangsa, yang dilakukan oleh pimpinan rombongan, diikuti para peserta upacara dilanjutkan dengan pengisian dan penandatangan buku tamu. (Pendam16)