|

Kasdam Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90


Senin , 29 Oktober 2018

Ambon, (29/10) Bertempat di Lapangan Upacara Makodam, Pejabat Teras, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Kodam XVI/Pattimura mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan. Bertindak selaku Komandan Upacara, Letkol Inf Kurnia.

Pada upacara ini, Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang mengatakan, Hari Sumpah Pemuda ke-90 kali ini mengambil tema ”Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreaktif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan sia-sia dalam mengubah dunia” ujar Menpora.
“Akhirnya, saya ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-90. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita”, tutup Menpora.

Dalam kesempatan yang sama, Kasdam XVI/Pattimura memberikan penghargaan  kepada atlet-atlet Prajurit Kodam XVI/Pattimura yang berprestasi. Kasdam juga menyinggung prestasi yang dicapai oleh atlet Karate Kodam XVI/Pattimura yang meraih Juara Umum ketiga dalam Kejuaraan Sion Cup I (Piala Gubernur Maluku) 2018 yang berlangsung dari tanggal 05 s.d 07 Oktober 2018 lalu. Prestasi ini luar biasa dan berkat kerja keras  yang konsisten dan kontinyu. Diharapkan hal ini mampu menjadi motivasi dan memacu semangat seluruh Prajurit untuk berprestasi, khususnya dalam bidang olah raga. (Pendam16)