|

Perjuangan Prajurit Demi Air Bersih Suku Mausu Ane


Senin , 08 Oktober 2018

Kodam XVI/Pattimura terus memberikan perhatian bagi Komunitas Adat Terpencil Suku Mausu Ane . Pasalnya baru-baru ini, Prajurit yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane telah membangun saluran air dan bak penampungan air bersih bagi pemukiman Suku Mausu Ane di Dusun Siahari, Desa Morokay, Kecamatan Seram Timur Kobi, Kabupaten Malteng.

Bak air bersih tersebut dibangun swadaya, gotong-royong dari TNI, Suku Mausu dan juga Dinas sosial Pemda Maluku. Pembangunan bak penampungan air ini merupakan usulan dari masyarakat setempat yang selama ini memanfaatkan sumber air bersih yang berasal dari mata air yang diambil dari sumber mata air yang jaraknya 1 Km dari lokasi pemukiman Suku Mausu Ane.

Pembuatan bak penampungan air bersih ini akan sangat membantu masyarakat. Bak yang dibangun sendiri dapat menampung cukup air bersih serta sekaligus dibuatkan sarana pendukung lainnya.

Saat ini Kodam XVI/Pattimura telah membangun sebanyak 11 rumah dari target pembangunan sebanyak 30 rumah. Sekarang pemukiman tersebut sudah memiliki fasilitas ketersediaan air bersih.

“Dulu, kondisi ketersediaan air bersih sangat memprihatinkan, jangankan untuk memasak, untuk minum saja sangat sulit” ujar Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Hari Sandhi Chrishandoko.

“Terbatasnya ketersediaan air bersih kala itu menyebabkan warga rentan terhadap penyakit” jelas Dandim.

“Program air bersih ini merupakan program di bidang kesehatan dimana kita menyediakan kemudahan akses air bersih untuk pemukiman Suku Mausu Ane, setelah itu sanitasinya”, ujar Dandim.

“Program pendampingan bagi Suku Mausu Ane semua tahapannya melibatkan masyarakat Suku Mausu Ane sendiri agar nantinya mereka bisa mandiri, dan semua program berkelanjutan, mereka diajarkan dari perencanaan, pelaksanaan hingga pemeliharaannya”, pungkas Dandim. (Pendam16)