|

Kodam Akan Mengedukasi Suku Mausu Ane


Selasa , 31 Juli 2018

Ambon, (31/07) - Kodam XVI/Pattimura melalui Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane yang dipimpin oleh (Dandim 1502/Masohi) Letkol Inf Hari Sandhi berencana memberikan edukasi terkait kesehatan, cara bercocok tanam, cara hidup sehat, dll terhadap warga Suku Mausu Ane yang berada di kamp penampungan Dusun Siahari, Desa Morokay, Kec Seram Utara Timur Kobi, Kab Malteng.

Kebijakan tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk menyikapi permasalahan bencana kelaparan yang melanda Suku Mausu Ane karena cara hidup mereka yang nomaden (berpindah tempat). Dikarenakan hal tersebut masyarakat suku Mausu Ane  dinilai kurang peduli dengan kesehatan, seperti cara buang air, cara mandi dan lain sebagainya. 

Persit Koramil 1502-05/Wahai Ranting 06 Cabang XXV, Dim 1502 Koorcab Rem 151 PD XVI/Pattimura telah berupaya memberikan pendampingan melekat dan membantu warga perihal pola hidup yang baik seperti mengajari berbahasa Indonesia, cara makan, cara masak yang baik,  cara membersihkan badan dan gosok gigi.

Selain itu Tim satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane telah mendata dan mengumpulkan sebagian besar warga suku Mausu Ane di kamp penampungan, walaupun untuk mengumpulkan mereka bukanlah perkara mudah, sebagian keluarga mereka masih bertahan di gunung-gunung  sehingga untuk menjangkau mereka sangat sulit. Harapannya kedepan akan dibuat suatu perkampungan agar mereka mudah dijangkau dan bisa hidup layak dengan berbagai fasilitas kesehatan yang diberikan.

Kodam XVI/Pattimura dengan menggandeng dinas pendidikan Malteng telah memberikan edukasi kepada warga Suku Mausu Ane, baik kepada anak-anak, orang dewasa dan lansia terkait mengajar dan praktek berkomunikasi bahasa Indonesia dengan didampingi  juru bahasa/penerjemah. Selain itu akan ada penyuluhan dan sosialisasi terkait cara-cara bercocok tanam, mengolah lahan dan membuat pagar agar terhindar dari binatang-binatang hama (Babi hutan dan tikus). Sehingga semua itu dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi suku Mausu Ane. 

Kami terus menghimbau dan memberikan pemahaman terhadap warga masyarakat suku Mausu Ane agar menyampaikan kepada keluarganya yang masih bertahan  tinggal di hutan supaya bergabung di penampungan, karena dalam waktu dekat pemerintah akan membuatkan pemukiman atau rumah layak huni bagi mereka” ujar Danramil 1502-05/Wahai Kapten Inf La Ode Makruf.

“Kami warga Suku Mausu Ane  merasa senang sekali dan berterima kasih kepada TNI dengan adanya bantuan, sebagian besar dari kami ingin segera menetap di pemukiman dan mengolah lahan serta bercocok tanam”, ujar Kepala suku/kepala soa bapak Toruwa Halamury. (Pendam16).