|

Sinergitas TNI-Polri Dalam Pelayanan dan Pengamanan Arus Mudik Lebaran di Kota Ternate Tahun 2018


Rabu , 13 Juni 2018

Ternate ( 11/6/2018) , Personel Kodim 1501/Ternate sudah stand bay di pos-pos pengamanan lebaran sesuai penempatan yang sudah ditetapkan. Dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat lebaran, seluruh personel jajaran Kodim 1501/Ternate pro aktif untuk menjaga kenyamanan warga Kota Ternate dan Kab. Halmahera Barat saat mudik maupun hanya sekedar meluangkan waktunya di Hari Raya Idul Fitri.

Keamanan dan ketertiban berkendaran adalah dambaan setiap orang yang melakukan kegiatan mudik. Seperti pada tahun tahun sebelumnya, setiap pos pantau mudik lebaran diperbantukan anggota TNI untuk membackup dan membantu untuk menciptakan suasana Aman dam nyaman bagi pemudik , Pos pelayanan arus mudik lebaran yang berada di kota Ternate ada 9 tempat yaitu  Pos Yan 1 Bandara Babullah, Pos Yan 2 Pelabuhan Dufa-Dufa, Pos Yan 3 Jatiland, Pos Yan 4 Pos Tengah, Pos Yan 5 Kp3 A.Yani, Pos Yan 6 Pelabuhan Semut, Pos Yan 7 Kp3 Bastiong, Pos Yan 8 Pelabuhan Ferry, Pos Yan 9 Sek Pulau Ternate. yang mana pos tersebut diamankan oleh TNI-Polri dan Instansi pemerintahan.

Transportasi air sangat banyak diminati oleh warga Kota Ternate dan Halmahera Barat  untuk menuju Kota/Kabupaten lain di luar Ternate dan semakin banyaknya penumpang mudik lebaran yang menggunakan tranportasi air Spedboad, demi keamanan aparat gabungan mengecek dan mengawasi setiap penumpang yang akan mudik lebaran menggunakan spedboad demi keamanan dan kelancaran dalam perjalanan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Kota Ternate dan Kab. Halmahera Barat. Dari pengamatan di pos pengamanan lebaran, arus mudik yang banyak digunakan masyarakat Kota Ternate dan Halmahera Barat adalah jalur air yaitu Spedboad yang menuju ke Kota/Kab di luar Ternate sedangkan jalur udara di Bandara Babullah serta lalu lintas kendaraan bisa dibilang mulai rame dikarenakan sudah banyak yang mudik lebaran.

Selanjutnya menurut Danramil 01/Kota Ternate mengatakan bahwa anggota Koramil 01/Kota Ternate melaksankan pemantauan arus mudik mulai H-7 sampai H+7 dengan kekuatan 2 orang setiap hari. Dalam hal tersebut Danramil selalu menekankan agar betul betul melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan diniatkan iklas beribadah untuk membantu masyarakat yang sedang mudik agar terasa nyaman dan aman, “tegas Danramil ( JK-1501)