|

Dalam Rangka HUT Kodam XVI/Pattimura ke -19, Kodam Pattimura Gelar Fun Bike Bersama Polda Maluku


Senin , 14 Mei 2018

Ambon, (14/05) Dalam Rangka memperingati HUT Kodam XVI/Pattimura yang ke -19 Tahun 2018, TNI (Kodam XVI/Pattimura) menggelar kegiatan Fun Bike bersama Polri (Polda Maluku) yang dimulai dari Makodam XVI/Pattimura dan finish di Mako Yonir Raider 733/Masariku, Kec. Baguala, Kota Ambon.

Adapun rute fun bike dengan titik Star Makodam XVI/PTM, melewati Batu merah bawah, Jembatan Merah Putih (JMP) bawah, PLTD Galala, Cek Poin pertama Lantamal IX/Halong (istirahat minum), lanjut melewati SMA N 4 Lateri,Cek Poin kedua Ambon City Center (pembagian kupon doorprize), Lapas kelas II A, PT.HM sampurna dan Finish di Mako Yonif Raider 733/Masariku.

Selain memperingati HUT Kodam XVI/Pattimura, kegiatan ini bertujuan juga untuk menunjukan kepada Masyarakat rasa Kekompakan TNI–Polri Wilayah Maluku dalam menjaga keamanan & keutuhan wilayah NKRI serta membangun keakaraban antar sesama instansi.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam sambutannya mengatakan, sepatutnya kita sama-sama bersyukur kapada Tuhan Yang Maha Esa dimana Wilayah Maluku dan Maluku Utara khususnya di wilayah Ambon masih aman, walaupun cuaca kurang mendukung namun kita masih dapat melakasanakn Fun Bike dengan aman dan lancar.

Marilah kita sejenak menundukan kepala sambil berdoa karena ada beberapa wilayah di Indonesia mengalami aksi-aksi teror yang telah menimbulkan korban baik rekan dari Polri maupun masyarakat sipil. Adapun aksi teror merupakan bukan tindakan manusiawi, di Agama Islam tidak mengajarkan untuk melaksanakan hal tersebut.

“Untuk  aparat keamanan saya tekankan lagi agar tidak lengah dalam menjaga ke amanan di wilayah Maluku dan Maluku Utara, aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri setempat harus lebih meningkatkan kewaspadaan, kepada seluruh komponen TNI/Polri dan lapisan masyarakat marilah kita sama-sama untuk bersatu sehingga paham-paham radikalisme tidak masuk di wilayah Maluku dan Maluku Utara, selalu waspada kepada orang-orang yang patut dicurigai dan segera laporkan kepada Babinsa dan Babinkantibmas setempat, kami aparat keamanan juga sudah bersiaga ditempat-tempat  ibadah yang sekiranya akan dilaksanakan aksi teror”, ujar Pangdam.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura pada perayaan HUT ke- XIX, berupa kegiatan donor darah, bhakti sosial, bersih-bersih pantai di Teluk Ambon. Pada puncak peringatan HUT ke-XIX, nanti tidak akan dilakukan upacara melainkan akan dilakukan Buka Puasa bersama oleh Kodam XVI/Pattimura dalam memasuki ibadah puasa 1439 Hijriah. Pelaksanaan peringatan HUT Kodam XVI/Pattimura ke -19 tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 15 Mei 2018 digelar secara sederhana bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, namun setelah Idul Fitri barulah Kodam XVI/Pattimura menggelar beberapa kegiatan guna memeriahkannya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Irdam XVI/Pattimura Kolonel Arh Karev Marpaung, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tehuteru,  seluruh Perwira menengah TNI dan  Polri beserta komunitas-komunitas sepeda yang ada di Kota Ambon. (Pendam16)