|

Gotong Royong Pembersihan Makam Oleh Babinsa Koramil 01/Kota Ternate


Selasa , 17 April 2018

Ternate ( 16/4/2018) Babinsa Koramil 1501-01/Kota Ternate Sertu Joko Dukomalamo Bersama warga masyarakat  melaksanakan kegiatan Karya Bhakti Pembersihan Makam di TPU yang bertempat di Kelurahan Salero RT 02/RW01, Kec. Ternate Utara Kota Ternate.

Kegiatan ini merupakan pembinaan teritorial Babinsa diwilayah binaannya, disamping sebagai upaya membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat, juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar membudayakan hidup bergotong royong.  Dalam hal ini Babinsa berperan sebagai motivator dan penggerak dengan mengajak masyarakatnya untuk bergotong royong salah satunya adalah pembersihan makam Kelurahan dengan melibatkan Babinkamtibmas, RT/RW serta  warga masyarakat dan Pelajar Pramuka dari SMAN N 8/Kota Ternate agar terwujud lingkungan yang hijau, bersih, sehat dan rapi. Selain itu kegiatan ini juga merupakan wujud kebersamaan antara TNI dan Masyarakat khususnya di Kelurahan Salero  dengan harapan  bersama Rakyat TNI menjadi KUAT. “Menurut Babinsa  Salero ( Sertu Joko Dukomalamo) kegiatan ini bertujuan untuk membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan baik sarana dan fasilitas lainnya agar tetap bersih dan nyaman. “jelasnya

Danramil 01/Kota Ternate, Kapten Inf Teguh mengatakan bahwa menjadi seorang babinsa harus selalu berada ditengah-tengah rakyatnya serta harus mampu berbaur dengan masyarakat desa binaannya sehingga diharapkan dapat memecahkan permasalahan masyarakat yang sedang dihadapi tuturnya disela kegiatan tersebut. 

Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos menyampaikan bahwa Babinsa merupakan Garda terdepan satuan kewilayahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.  Semoga ini menjadi bukti nyata peran dan tugas Babinsa di tengah-tengah masyarakat.
Kegiatan ini, menurutnya  tidak saja mampu menjadi wahana menumbuhkan kepedulian dan mempererat tali silaturrahmi antara TNI dan masyarakat, tetapi juga perwujudan adanya kebersamaan, persatuan dan kesatuan. " Ini juga merupakan Budaya Bangsa Indonesia yaitu bergotong-royong dengan warga dalam dalam rangka memelihara kebersihan lingkungan sekitar, " tegas Dandim (JK-1501)