|

Kodam Pattimura Gandeng Walubi Gelar Baksos Operasi Katarak


Sabtu , 10 Maret 2018

Ambon, (10/03) Sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat terutama dalam bidang kesehatan, Kodam XVI/Pattimura bekerjasama dengan Walubi Sumatera Utara menggelar bakti sosial berupa pelayanan kesehatan operasi katarak gratis, yang bertempat di Rumkit Tk II Prof. dr. J.A. Latumeten Ambon, Jl. Dr Tamaela, kec Nusaniwe, kota Ambon.

Acara tersebut dihadiri oleh Waaster Panglima TNI Brigjen (Mar) Purnomo, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Direktur RSDU dr.M. Haulussy, dr. Justini Pawa, M.Kes mewakili Gubernur Maluku, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs Hasanuddin,SH,MH, mewakili Kapolda Maluku, Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Marinir Imam Sopingi mewakili Danlantamal IX/Ambon, Wadan Lanud Pattimura Letkol Pas Agung Setyo Budi S.H mewakili Danlanud Pattimura, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tehuteru, Kasat Brimob Polda Maluku Akbp Muhammad Guntur, Para Asisten dan Kabalakdam serta Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura, Walkil waliikota Ambon Syarief Hadle, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wenddy Pelupessy, Chief Program Coordinator A New Vision Walubi Sumatra Utara  Ibu Elwi Jono beserta Tim, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/Pattimura beserta pengurus, Ketua Bayangkara Polda Maluku beserta Pengurus, Ketua Jalasenasti Lantamal IX Ambon beserta pengurus dan Ketua Pia Ardhya Garini Lanud Pattimura beserta pengurus.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam XVI/Pattimura menyampaikan, bahwa Bakti Sosial Operasi Katarak ini adalah salah satu bentuk kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) dan kegiatan sosial masyarakat yang merupakan kerjasama antara TNI dengan Pengurus Daerah Walubi (Perwakilan Umat Budha Indonesia) Sumatera Utara, yang akan dilaksanakan selama dua hari di Wilayah Maluku sejak tanggal 10 s.d. 11 Maret 2018 di Rumah Sakit Tingkat II J.A.Latumeten. Kegiatan ini juga  tidak hanya dilaksanakan di Maluku tetapi akan dilaksanakan pula di Maluku Utara pada tanggal 13 s.d. 14 Maret nanti, bertempat di Rumkit Tingkat IV Ternate.

Tujuan dari  kegiatan Bakti sosial Operasi Katarak ini adalah sebagai  jembatan untuk mendekatkan dengan masyarakat dan membantu mengurangi beban masyarakat serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk terus memelihara dan memperkokoh rasa kebersamaan, kekeluargaan serta  kesetiakawanan sosial sebagai sarana mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat di daerah ini serta meningkatkan derajat kesehatan dengan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

“Apa yang dilakukan TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura pada hari ini tidaklah seberapa bila dihadapkan dengan kebutuhan masyarakat di wilayah ini. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk lebih peduli dan berkontribusi untuk membantu kesulitan masyarakat di Wilayah Maluku ini”, Ujar Pangdam dalam amanatnya.

Kegiatan Bakti Sosial Operasi katarak ini melibatkan Tim Medis yang yang berjumlah 25 orang terdiri dari Kolonel. Dr. Mohammad Irsan, SPM (TNI), Dr. Teguh Filbert Metaputra Dr. Sriana Wulansari dan tiga diantaranya merupakan paramedis dari Nepal, dengan melibatkan 1.029 orang pasien yang mengikuti screening, namun setelah pelaksanaan screening pasien yang dinyatakan bisa mendapatkan pelayanan Operasi Katarak berjumlah 190 orang yang terdiri dari 85 orang asal Kota Ambon,  30 orang asal Kabupaten Namlea, 42 orang
asal Maluku Tengah dan 33 Orang asal Kabupaten SBB. Sedangkan pelaksanaan screening di wilayah Maluku Utara dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 11 Maret 2018 dengan target pasien berjumlah 750 orang. (Pendam16)