|

Kodim Namlea Turut Wujudkan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana


Rabu , 29 November 2017

Namlea - Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Komando  Distrik Militer (Kodim) 1506/Namlea, Lettu Inf Thamrin Batuatas menghadiri kegiatan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana dalam rangka perlindungan dan optimalisasi fungsi situ, danau, embung, waduk dan sumber air permukaan yang bertempat di Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru Maluku, Selasa (28/11/2017).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Buru, Amustofa Besan, S.H. Dalam sambutan tertulis Menteri  Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPRRI)  yang dibacakan oleh Wakil Bupati Buru, bahwa pertumbuhan penduduk yang cepat di Indonesia terutama di wilayah perkotaan tentu akan berdampak terhadap peningkatan volume sampah dan apabila tidak ditangani dengan baik dari rumah masyarakat pasti berimbas pada lingkungan dan kesehatan manusia.

saat ini penyebab utama terjadinya bencana di Indonesia adalah disebabkan penyempitan badan sungai, masalah alih fungsi lahan, sendimentasi, pendangkalan dan hilangnya mata air serta penanganan sampah yang belum bisa dikelola dengan baik.

Selain itu prilaku yang menganggap sampah bukan masalah dan seakan-akan tidak ada ini akan mengakibatkan sampah-sampah tersebut menumpuk di waduk, saluran air dan danau akan menyebabkan kerugian materil dan inmateril bagi masyarakat.

Perlindungan dan Optimalisasi fungsi Situ, Danau, Waduk, Embung dan Sumber Air Permukaan lainnya sangat penting, sehingga diharapkan fungsi air yang melimpah tidak menjadi bencana bagi masyarakat. kegiatan penanganan sampah dan penghijauan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-72 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Selesai acara tersebut dilanjutkan dengan penanaman pohon. menanam pohon adalah merupakan upaya untuk menyelamatkan bumi, menjaga keragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air yang baru serta memberikan oksigen bagi kehidupan. Dalam kesempatan tersebut Pasiter Kodim mengatakan "kegiatan tersebut sangat pas dan bertepatan dengan program Kodim 1506/Namlea karena juga bersamaan dengan program Kodim 1506/Namlea yang sedang menjalankan reboisasi, jadi ini sangat baik sekali, kami sangat mendukung," ujar Pasiter. (Penrem151)