|

Melalui Pendekatan Persuasif, Masyarakat Serahkan Senpi


Minggu , 18 Juni 2017

Ambon,(18/06)-    Pendekatan keamanan yg dilakukan oleh Tim Intel Komando Distrik Militer  (Kodim) 1504/Ambon telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan indahnya hidup damai  berdampingan dan hal ini membuahkan hasil dengan diserahkannya senjata api Laras panjang jenis SS1, Magazen dan beberapa butir munisi dari warga masyarakat kepada Serma Jhon L, Kamis (15/06) di Desa Waii Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.
Sejak kerusuhan yang terjadi di wilayah Maluku, aparat TNI dan Polri gencar mencari senjata sisa konflik yang masih beredar di masyarakat, baik senjata organik maupun senjata rakitan demi terciptanya kondisi aman warga Maluku, khususnya warga Pulau Ambon. Upaya menghabiskan peredaran senjata tersebut juga dilakukan oleh personel Kodim 1504/Ambon melalui berbagai upaya, salah satunya adalah dengan cara pendekatan yang terus menerus dengan memberikan pemahaman kepada warga masyarakat agar menyerahkan senjata-senjata sisa konflik kepada aparat keamanan. Pendekatan yang dilakukan membuahkan hasil yang baik, terbukti dengan diserahkannya senjata jenis SS1 oleh salah seorang warga kepada Serma Jhon L, salah satu anggota Kodim Ambon.
 "Pendekatan yang dilakukan tidak sebentar, butuh proses yang cukup panjang ", ujar Pasi Intel Kodim Ambon Lettu Inf Latif.  Ditambahkan bahwa penyerahan senjata tersebut selain dengan cara pendekatan juga memberikan pemahaman-pemahaman dari sisi hukum tentang larangan kepemilikan senjata api bagi warga sipil. Warga Desa Waii tersebut menyerahkan senjatanya dengan sukarela kepada aparat keamanan.(Penrem151)