|

Mutiara Tetaplah Mutiara dan Selalu Memancarkan Sinarnya


Rabu , 21 Agustus 2019

Ambon, (21/08) Ibarat pepatah “Mutiara Tetaplah Mutiara dan Selalu memancarkan Sinarnya”. Tak Hanya mengharumkan nama Satuan, tapi juga daerah asalnya yaitu Papua bahkan hingga pernah menjadi pasukan perdamaian di luar negeri.

Mayoret hingga pemain bass pada drumband Pela Gandong Pattimura, Putri Papua bernama Sertu (K) Magdalena dan Sertu (K) Sofi telah membuat decak kagum masyarakat di kota Ambon pada perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 di Lapangan Merdeka lalu.

Dengan bergerak lincah dan gesit Mayoret asal dari Papua yaitu Sertu (K) Magdalenna dengan stik jamasternya saat memimpin Drumband Pela Gandong di kota Ambon khususnya lapangan merdeka yang suaranya membahana di seantero jagat maluku. Selain Sertu (K) Magdalenna juga terdapat Sertu (K) Sofi sebagai penabuh Bass Drum yang dengan perkasanya membawa Bass Drumb kesana kemari berlari lincah, gesit dan kuat maka Drumband Pela Gandong pun bergerak bagai gemuruh yang membahana sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan para Prajurit.

Papua tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, prestasi putra-putri Papua  tak hanya tingkat Lokal, tapi juga hingga tingkat dunia, salah satunya adalah sosok Prajurit Korps Wanita (Kowad) Sertu (K) Sofi Paliama yang sehari-hari menjabat sebagai Bareskrimtipidsus 1 Unit Idiktipsus Kesatuan Pomdam XVI/Pattimura  juga pernah dipercaya tergabung dalam Satgas Indobatt-03 Batalyon Komposit TNI Kontingen Garuda XXXV-C/Unamid (United Nations Mission In Darfur) Tahun 2017. 

Tidak hanya Sertu (K) Sofi, sejumlah putri asal Papua yang berdinas di Kodam XVI/Pattimura juga turut menyumbangkan prestasinya dan berhasil mengharumkan nama Satuan.

Kodam XVI/Pattimura patut berbangga, Prajurit Kowad asal daerah Papua yaitu Sertu (K) Magdalena Agaki Abituren Bintara PK 21 (Turmintakah Urminu Siminudospers) Kesatuan Ajendam XVI/Pattimura didaulat menjadi seorang Penatarama Drumband Pela Gandong Kodam XVI/Pattimura. Menjadi seorang, Mayoret Wanita tidaklah mudah, perjuangan yang dilakukan, karena seleksi yang dilewati juga sangat ketat. Selain itu, Kowad kelahiran Nabire 11 Februari 1993 tersebut pernah menyabet juara Dua pada kejuaraan Nasional Yongmodo Piala Kasad Cup ke-8 Tahun 2018 di Bali pada kategori wanita kelas -65 Kg.

Ada juga Sertu (K) Iin Cahyati Djalali Abituren Bintara PK 21 jabatan Bajahril Urpeslog si Tuud  Kesatuan Kumdam XVI/Pattimura yang saat ini bertugas di luar negeri dan tergabung di Satgas Yonmek TNI Konga XXIII’M Unifil Ta.2019.

Tak kalah dengan mereka yang berasal dari Kota Besar, para putri-putri asal daerah Papua tersebut berhasil menunjukkan prestasinya di bidang masing-masing. Hal ini cukup menarik dan sepatutnya menjadi motivasi bagi wanita di semua sendi jehidupan, terlebih lagi bahwa putra-putri yang ada di Indonesia khususnya yang ada di daerah Papua. 

Semoga saja hal ini menjadi pemacu semangat para kaum wanita di seluruh  Indonesia khususnya di daerah Maluku bahwa seorang wanita mampu bersaing di berbagai kegitana dan tidak kalah dengan para pria.  (Pendam16)