|

Pangdam XVI/Pattimura Melepas Mayjen Doni


Sabtu , 18 November 2017

“Dengan penuh rasa bangga, kami mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas sebagai Pangdam III/Siliwangi kepada Mayjen TNI Doni Monardo. Semoga keberhasilan, kesehatan dan kesejahteraan lahir dan batin, senantiasa menyertai Bapak dan Ibu sekeluarga”, tegas Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto pada (18/11) di Makodam XVI/Pattimura.

Tampak panitia penyambutan Pangdam XVI/Pattimura sibuk mengecek kesiapan akhir ruangan VIP Bandara Internasional Pattimura dan suasana ruangan sudah dipenuhi oleh pejabat TNI, Polri dan Pemda Maluku serta Kota Ambon yang akan menyambut kedatanganan Pangdam XVI/Pattimura yang baru. Tidak lama berselang Pesawat Batik Air yang membawa Mayjen TNI Suko Pranoto dan isteri mendarat dengan sempurna di landasan pacu sepanjang 2.500 m pada  Jumat (17/11). Mayjen TNI Suko Pranoto sebagai Pangdam XVI/Pattimura yang baru, turun dari pesawat dan selanjutnya disambut oleh Sekda Provinsi Maluku Hamin Bin Thahir dan para pejabat daerah lainnya.
Dilanjutkan kegiatan menuju ruang VIP, sesaat sebelum masuk ruangan disambut  dengan tarian Lenso dan menerima kalungan Kain Tenun Maluku dari Jojaro dan Mongare (Nyong dan Nona Ambon) sebagai simbol penerimaan warga baru di Maluku. 
Selain disambut di Bandara, kedatangan Pangdam XVI/Pattimura yang baru juga disambut oleh personel TNI dan Polri di sepanjang jalan menuju Makodam XVI/Pattimura. Di depan kesatuan masing-masing, mulai dari Mako Yonif 733/Raider, Mako Brimob Daerah Maluku, Mako Lantamal IX dan Bekangdam untuk memberikan salam kepada Pangdam XVI/Pattimura atas kedatangannya di Provinsi Maluku.
Tiba di Makodam XVI/Pattimura dilanjutkan acara tradisi penerimaan penjabat baru, yang diawali dengan pengalungan bunga dan pemberian  bunga kepada Pangdam dan Istri oleh Kasdam dan Istri. Selanjutnya memasuki pintu gerbang Kesatriaan Makodam XVI/Pattimura dan menerima laporan dari Jaga Kesatrian dan Perwira Jaga Makodam serta disambut dengan tarian Cakalele.
Kemudian menuju Loby Utama disambut oleh Pejabat lama Mayjen TNI Doni Monardo dan Istri untuk melaksanakan acara tradisi penerimaan pejabat baru Kodam XVI/Pattimura. Secara resmi telah diterima sebagai Pangdam XVI/Pattimura ketika Mayjen TNI Suko Pranoto mencium Bendera Pataka Kodam XVI/Pattimura


Malam Lepas Sambut


Usai acara penyambutan dan tradisi, pada malam harinya dilanjutkan acara lepas sambut, bertempat di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Nusaniwe. Acara yang dihadiri oleh pejabat Pemprov dan Pemkab/Kota, pejabat Polda Maluku, para Asisten, Dansat, Kabalakdam, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan komponen masyarakat lainnya serta  perwakilan Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura.
Dalam sambutannya beberapa pejabat dan perwakilan tokoh, sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Mayjen Doni dalam membangun Maluku dan Maluku Utara  menjadi daerah yang aman, damai dan tentram. Selain itu mereka juga menyampaikan ucapan terima kasih dengan program emas biru dan emas hijau kepada warga masyarakat Maluku.

Khusus sinergitas TNI-POLRI di wilayah Maluku sangat kompak, sehingga pimpinan Polri di Pusat menilai dan memutuskan agar membuat HUT Brimob Ke-72 terpusat di Maluku dengan tamu kehormatan Kapolri dan Para pimpinan lainnya ini membuktikan keberhasilan dari kerjasama yang baik antara TNI dan Polri.
Di tengah-tengah acara lepas sambut dilaksanakan penandatanganan Maklumat oleh Pangdam XVI/Ptm, Gubernur Maluku dan Wakapolda Maluku, Penyerahan Program Emas Biru dan Emas Hijau dari Pangdam XVI/Pattimura yang Lama Mayjen TNI Doni Monardo kepada Pangdam XVI/Pattimura yang baru Mayjen TNI Suko Pranoto.
Selesai acara pokok dilanjutkan sesi hiburan yang berlangsung selama 30 menit diisi oleh group lawak Tarzan CS dan diakhiri dengan salam-salaman. 

Apel Bersama


Apel bersama yang dilaksanakan pada Sabtu (18/11) merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sertijab Pangdam XVI/Pattimura selain kegiatan tradisi penyambutan dan malam lepas sambut yang telah diselenggarakan di Kodam XVI/Pattimura. Sebagai pimpinan apel bersama adalah Mayjen TNI Doni Monardo dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto yang diikuti oleh kelompok Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam Kodam XVI/Pattimura serta melibatkan prajurit dari Lantamal X Ambon dan Lanud Pattimura.
Dalam amanatnya Mayjen TNI Doni Monardo, merasa bangga bahwa Kodam XVI/Pattimura memiliki prajurit-prajurit yang terbaik, hal ini terbukti Kodam Pattimura telah menjuarai beberapa kejuaran di Angkatan Darat. Selain itu prajurit Kodam Pattimura loyal terhadap pimpinan dan sinergitas TNI-POLRI sangat Kompak di wilayah Maluku.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura baik segenap staf dan anggota Kodam XVI/Pattimura yang telah mendukung pelaksanaan tugas saya selama ini”, tegas Mayjen Doni.
Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto menyampaikan perkenalan singkatnya. “Saya lulusan Akmil 87, lahir di Surabaya. Masa dinas saya lebih banyak di Kostrad dan jabatan saya sebelum Pangdam XVI/Pattimura adalah Danpuspenerbad”, terang Pangdam.
Ditambahkan juga  ucapan terimkasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Mayjen TNI Doni Monrado yang telah berbuat banyak untuk kemajuan Kodam XVI/Pattimura. “Semua program yang telah dirintis akan kami lanjutkan”, tegas Pangdam.
Sebelumnya, menjelang pelaksanaan sertijab Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko telah difasilitasi untuk mendengarkan paparan para Komandan Satuan dan Perwira Staf tentang pelaksanaan program kerja Kodam XVI/Pattimura. 

Paparan yang disampaikan telah pula diawali oleh Bapak Mayjen TNI Doni Monardo dengan memberikan penjelasan singkat tentang kondisi dan situasi Kodam XVI/Pattimura. “Penjelasan dan keterangan yang saya terima, tentunya sangat membantu saya dalam melanjutkan program kegiatan Kodam XVI/Pattimura ke depan”, tegas Mayjen Suko.
Selanjutnya dengan penuh rasa bangga, kami mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas sebagai Pangdam III/Siliwangi kepada Mayjen TNI Doni Monardo. “Semoga keberhasilan, kesehatan dan kesejahteraan lahir dan bathin, senantiasa menyertai Bapak dan Ibu sekeluarga”, pungkasnya.
Untuk diketahui bahwa pada apel bersama telah dilakukan serah terima pasukan dalam keadaan aman dan lengkap dari Mayjen TNI Doni Monardo kepada Mayjen TNI Suko Pranoto, selanjutnya dilaksanakan tradisi pelepasan Mayjen TNI Monardo di Lobi Makodam dan pengantaran ke Bandara Internasional Pattimura yang dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura. (Pendam16)