|

“Program Emas Biru” Beberapa Desa Telah Menerima Bantuan Bibit Ikan


Senin , 02 Januari 2017

 

(Ambon, 2/1) Kodam XVI/Pattimura telah membantu dan menyalurkan bibit ikan keberbagai Negeri untuk dibudidayakan oleh masyarakat setempat seperti yang diberikan kepada Desa Haria sejumlah 1.800 ekor ikan kerapu “Cantik” pada 19 Desember 2016.

Kaur Pembangunan Desa Haria, Lukas Hattu yang menerima langsung bantuan bibit ikan kerapu cantik mengungkapkan kegembiraannya dan penghargaan kepada Kodam atas perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat Desa Haria dan baru kali ini ada bantuan bibit ikan yang sangat diharapkan oleh masyarakatnya.

Bantuan dan penyaluran bibit ikan kepada masyarakat sudah mencapai 40.000 bibit ikan dengan berbagai jenis ikan diantaranya ikan kakap putih dan kerapu dan telah disalurkan keberbagai kelompok nelayan dan Negeri (Desa) seperti Negeri Mamala, Morella di Kecamatan Lehitu, Hulaliu di Pulau Haruku dan Haria di Pulau Saparua.

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Emas Biru yang terus digulirkan Kodam dalam Program Pemerintah Pusat dan Daerah untuk pemberdayaan masyarakat melaluipembudidayaan hasil laut terutama ikan yang diharapkan dapat manambah kegiatan dan penghasilan masyarakat lokal.

Kodam bekerjasama dengan berbagai stakeholder baik pemerintah maupun swasta dalam pengadaan bibit ikan yang didatangkan dari Situbondo, Jawa Timur, Bali dan Balai Benih Waiheru, Ambon.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Dr. (HC) Susi Pudjiastuti pada kunjungannya ke Ambon tanggal 15,16 dan 17 Desember 2016 berkesempatan melihat langsung dan mendukung progam emas biru yang telah dilakukan oleh Kodam. (Pendam16)