|

KUNJUNGAN MENTERI SUSI DI AMBON (II)

Minggu , 25 Desember 2016

Catatan akhir. "Merajut Perdamaian Sang Menteri Susi di Negeri Para Raja"

"Upaya Konservasi SDI, Promosi Wisata & Misi Perdamaian"

Ada cerita yang tersisa dari kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ibu Susi Pudjiastuti 15-18 Desember kemarin, diantara semangat konservasi, promosi wisata dan misi perdamaian ke bumi raja-raja Maluku .

Tiga aspek yang strategis yang kiranya menjadi harapan dan masa depan baru untuk membangun Maluku sebagai daerah yang berkarakteristik Kepulauan dengan 1.340 pulau dan luas laut mencapai 92,4% dan daratan hanya 7,6% serta berada pada 3 Wilayah Pengelolaan Pe ....

Selanjutnya >

KUNJUNGAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN

Senin , 19 Desember 2016

Catatan Khusus Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ke Kota Ambon 15 - 18 Desember 2016.

"Mengikuti Gaya Blusukan ala Menteri Susi dan Program Emas Biru Jenderal Doni"

Akhirnya Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Ibu Susi Pudjiastuti kembali mengunjungi kota Ambon, setelah kunjungan terakhir pada 2 tahun lalu tepatnya di bulan Desember 2014.

Menteri Susi tiba dengan pesawat pribadi di bandar udara Internasional Pattimura Ambon pada Kamis, 15 Desember 2016 pukul 20.30 wit dan diterima oleh Sekretaris daerah Maluku, Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku beserta pejabat Sipil dan Militer ....

Selanjutnya >

MENELUSURI JEJAK "LAWAMENA HAULALA" (BAGIAN 2)

Kamis , 15 Desember 2016

(Ambon, 15/12) Sesudah menelusuri jejak sejarah penggunaan pataka “Lawamena Haulala” melalui dua kali pertemuan (tanggal 1 dan 10 desember 2016) bersama Bapak Drs. Noer Tawainella di Tulehu, saya bersama Pak M. Hasyim Lalhakim, Kolonel Arh yang juga adalah Kapendam XVI/Pattimura melanjutkan ke Benteng Kapahaha.

Benteng dimana perjuangan Kapitan Telukabessy dan para pejuang lain dari berbagai daerah di nusantara melawan Belanda tahun 1637 sampai 1646.

Ini adalah rangkaian yang saling mengkait. Karena teriakan perang atau cry war Kapitan Telukabessy yang kemudian digunakan Kodam XVI/Pattimura yang saat itu masih ....

Selanjutnya >

MENELUSURI JEJAK "LAWAMENA HAULALA"

Kamis , 15 Desember 2016

(Ambon, 15/12) Mencari rumah Bapak Drs. Noer Tawainella di Tulehu cukup mudah, namun untuk menghindari tanya berulang, kami meminta seorang tukang ojek mengantar dari depan kampus Universitas Darussalam Tulehu.

Lima menit kemudian kami tiba di depan rumah Pak Noer, demikian panggilan akrab orang tua yang 72 tahun lalu lahir (29 Nopember 1944) di Negeri Tulehu, sekitar 30 Km ke arah Utara dari pusat Kota Ambon.

Pak Noer, memiliki cukup referensi tentang berbagai sejarah di Maluku. Beliau di kalangan aktifis tahun 60-an adalah penggerak dan dikalangan intelektual Maluku adalah nara sumber yang hanya bergelar sarjana strata sa ....

Selanjutnya >
Showing 1 to 4 of 7   1 2 >